IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI ZOOM MEETING

Data hasil pembelajaran ini diambil dari hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan zoom meeting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana kelas VI SD N Kalialang. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan meningkatnya rata-rata dan ketuntasan belajar. Adapun nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan zoom meeting sebesar 74,06 (41,67%) dan ketuntasan belajar setelah penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan zoom meeting sebesar 82,39 ( 83,33%). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi zoom meeting menunjukkan hasil yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang cukup signifikan pada materi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana pada kelas VI SD Negeri Kalialang.
Penggunaan model pembelajaran ini menunjukan bahwa keberhasilan proses pembelajaran tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari pihak guru, siswa, dan model pembelajaran yang digunakan. Apabila melihat dari faktor guru maka kita dapat melihat dari kemampuan guru dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, mengelola kelas virtual, dan menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Faktor dari siswa, yaitu minat dan motivasi yang dimiliki siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga sangat penting apabila dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga dapat membantu siswa menguasai materi dan memperoleh hasil belajar yang optimal. Dalam pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing ini beberapa masalah yang terjadi selama proses kegiatan belajar mengajar telah dapat diatasi antara lain: keterbatasan perangkat HP bagi siswa sehingga pembelajaran dilakukan pada siang dan sore hari dengan kesepakatan bersama setelah orang tua selesai bekerja. Melakukan komunikasi dengan orang tua untuk ketersediaan paket data siswa dan mencari wifi gratis di sekitar rumah. Untuk memnghindari suara bising saat pembelajaran disarankan untuk mencari tempat yang sepi saat pembelajaran dan terus menerus mengingatkan untuk teknik mute dan unmute microphone bagi siswa.
Selain itu, dari hasil penelitian ini memberikan deskripsi yang jelas bahwa dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi zoom meeting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana meskipun kegiatan masih dilakukan secara daring. Maka model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan zoom meeting ini dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi guru yang ingin meningkatkan hasil belajar siswa.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- Banner Rapor Pendidikan
- MENINGKATKAN KESADARAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SISWA MELALUI PEMBUATAN VIDEO DUBBING
- Manfaat menjadi pelaksana Program Sekolah Penggerak
- Project Managemen Office (PMO )
Kembali ke Atas